Powered By Blogger

Kamis, 10 November 2011

Tiga Senar

Musik   tak  lepas  dari  alat  musik  itu  sendiri,  anda  mempunyai  alat  musik  dan  bisa  memainkannya  dengan  baik  atau  pas – pasan.  Alat  musik  banyak  macam  dan  menghasilkan  bunyi  yang  beragam  bersamaan  dengan  ragamnya  alat  musik  itu  sendiri  yang  banyak. 
Pengalaman  saya  pertama  kali  memegang  alat  musik     sewaktu  kelas  satu  SMP,  guru  kesenian  saya   menyuruh  bawa  suling  atau  recorder.  Dan  itu  otomatis  menjadi  alat  musik  pertama  yang  saya  pelajari, saya  bisa  memainkannya   meski  dengan  level  medium  saja    tidak  sampai  expert ,  karena  hanya  untuk  kepentingan  pengambilan  nilai  kesenian.  Naik  kelas,  masih  disekolah  yang  sama     tapi  guru  kesenian  saya  menyuruh  membawa  Pianika   alat  musik  seperti  Keyboard  atau  Piano  yang  memiliki  tuts   untuk   menentukan  nada  apa  yang  kita  mainkan  dan  harus  ditiup  untuk  menghasilkan  atau  mengeluarkan   suara  dari  nada  itu. Saya  lebih  menyukai  Pianika  dari  pada  Recorder,  karena  suaranya  yang  lebih  enak  dan  berkelas.  Haha  suara  yang  berkelas,  seperti  apa  itu? Tapi  lagi – lagi  saya  hanya  sekedar  memainkannya  sampai  level  medium,  tapi  paling  tidak  masih  lebih  bagus  dari  beberapa  orang  teman  saya   yang  memainkannya  lebih  buruk.  Pernah  saat  pengambilan  nilai  kesenian  yang  menguji  permainan  Pianica     teman  saya  tertinggal  dan  berhenti  ditengah  jalan,  tapi  saya  terus  bermain  cukup  baik  meski  akhirnya  agak  kagok   karena  ulah  guru  kesenian  itu  sendiri  yang  menyimak  permainan  saya  dengan  senyum – senyum     yang  secara  konyol  menghancurkan  konsentrasi  saya  sejenak,  beruntung   saya  bisa  melanjutkan  sampai  lagu  selesai     meski  hanya  mendapat   nilai  70  dan  ucapan “ lumayan “  bu  Manurung.
Seiring  dengan  pertambahan  usia  dan  perubahan  keadaan  tidak  ada  guru  kesenian  yang  mengambil  nilai  Recorder  atau  Pianica, saya  meninggalkan  kedua  alat  musik  itu.  Sang  Recorder  menggantung  dengan  santai  ditembok  kamar   dan  Pianica  entah  kemana      karena  hanya  barang  pinjaman. Kemudian  saya  mendengarkan  beberapa  band  lokal  atau  bahkan  band  internasioanal   seperti  Radiohead  tentunya,  mereka  tidak  menggunakan   Pianica  apalagi  Recorder    inisiatif  saya  memegang – megang  gitar  di  kamar  kaka’  saya  kemudian  dilanjutkan  dengan  membunyikan  suara – suara  yang  tidak  karuan  bahkan  cenderung  mengganggu.  Akhirnya  kaka’  saya  memberikan  beberapa  kunci  dasar  seperti  ; A, C, D, E, F , G dan  kemudian  B,  karena  agak  sulit  memainkan  B     jadi  belakangan.
Genjrang – genjreng  tidak  karuan,  gak  jelas   yang  ada  hanya  tiga  jari  tangan  kiri  yang  sakit  dan  mengelupas  kulitnya     saya  memutuskan  menyerah  atau  berhenti  beberapa  waktu.  Kemudian  saya  kembali  mencoba  memainkan  fucking  guitar,  sampai  akhirnya  saya  bisa  bilang  lebih  mendingan daripada  waktu  pertama  memainkan  gitar.  Tapi  sebenarnya  masih  parah,  kalau  sebelumnya   saat  memainkan  Recorder  dan  Pianica  bisa  mencapai  level  medium,  ini  masih  amatir  saja  sampai  sekarang pun.  Haha .
Sampai  ketika  gitar  akustik  sudah  masuk  gudang  saya  otomatis  tidak  main  gitar  lagi,  seiring  saya  semakin  menggilai  Radiohead  dan  sudah  mencapai  tahap  Jonny  Greenwood  wanna be  atau  minimal  Thom  Yorke      kalau  seperti  Jonny  Greenwood  tidak  kesampaian    dan  sepertinya   memang  mustahil   haha. Akhirnya  saya  mengambillah  gitar   itu  dari  gudang    kemudian  membersihkan  dan  mengganti  senar – senarnya  yang  sudah  karatan,  kaka’  saya   berkali – kali  bilang    “ gitar  itu  sudah  mati,   bunyi nya  sudah  tidak  sesuai  standar “  ,  saya  tetap  memainkannya  saja   dan  saya  pikir  lumayan  juga  untuk  memuaskan  nafsu  bergitar.  Sampai  akhirnya  saya  sendiri  harus  dengan  berat  hati  bilang  “ gitar  ini  benar – benar  sudah  tidak  bisa  di genjreng “.  Sampai  akhirnya  saya  ingat  tentang  cara  memainkan  gitar  tidak  hanya  digenjreng       masih  bisa  dipetik,   ditambah  saya  baru  dengar  beberapa  musisi  yang  bermain  gitar  akustik  dengan  dipetik,    saat  itu  saya  menyukai  cover  version   ‘ First  of  the gang  to die ‘ milik  Morrissey  yang  di  cover  Zee Avi   musisi  malayasia.  Saat  itu  saya  spontan  berfikir  kalau  orang  malaysia  bisa,  mengapa  saya  tidak?  Kebetulan  hubungan  Indonesia  dan  malaysia  sedang  panas – panasnya. Tapi  lupakan  dulu  antara  Indonesia  dan  malayasia,  saya  mengulik  First of The Gang to Die   versi  Zee Avi      saya  googling  kuncinya  dan  saya  kira  cukup  mudah  dan  bisa  saya  mainkan    saya  pertama  bermain  dengan  menggenjreng  biasa,  tapi  tidak  ketemu  tempo  nada  dan  irama  genjrengan  yang  pas.  Sampai  saya  coba  paksakan   tempo  genjrengan   irama  sampai  memainkan  satu  lagu,  tapi  memang  tidak  pas  dan  gak  masuk.   Kemudian  saya  mencoba  bermain  seperti  Zee,  saya  mulai  kulik   petikkan  gitarnya.  Sampai  akhirnya  saya  fokuskan  hanya  pada  senar  satu,  dua,  tiga   karena  senar  empat, lima,  enam    tidak  menghasilakan   suara  yang  pas   dan  keci  menurut  saya. Sampai  akhirnya   Voila  saya  menemukan  petikan  yang  pas  dan  masuk; 3, 2, 1 – 2, 3, 2, 3 – 2, 1, 2, 3 – 3, 2, 1 – 2, 3, 2, 3  ganti  kunci  dengan  petikan  yang  sama  kemudian  ya  disesuaikan  saja.   Dan  saya  menyadari  saya  hanya  memetik  senar  satu,  dua,  tiga     kalau  begitu  kenapa  saya  harus  menekan  tuts ( bagian  senar  yang  ditekan  pada  leher  gitar  nb: “agak  ngasal  sih” ) sampai  diatas  senar  tiga    kenapa  tidak  saya  sederhanakan  saja?  Dengan  kata  lain  hanya  menekan  senar  dikisaran  satu,  dua,  tiga  saja.   Dan  saya  pun  memainkan  dengan  cara  demikian     alias  dengan  tiga  senar  saja,  dan  voila   suaranya  cukup  keci  menurut  saya.  Saya  tidak  tahu  apakah  tekhnik  ini  memang  ada  atau  biasa  digunakan,  yang  pasti  saya  bukan  guitar  hero   seperti  Tohpati,  Balawan dll  yang  jago  akan  tehknik  gitar  bahkan  menciptakan  tekhnik  baru.   Saya  hanya  terdesak  keadaan      yaitu  karena  suara  gitar  yang  kalau  degenjreng  fals   dan  skill  saya  payah  apalagi  kalau  harus  memainkan  kunci  gitar  yang  sulit  menurut  saya,  jari masih  sering  saja  kagok  dan  terpeleset.  Untuk  lebih  detil nya  tentang  permainan  tiga  senar  yang  saya  maksud,  saya  coba  menggambarkannya  dibawah  ini .  Gambar  rusak, karna pake ms. word, saya belum menyiapkan gambar baru. Mohon  maaf    Cheers
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Menjadi                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Kunci   G                                                                         Kunci    G  versi  3  senar                          
                                                                                                                                                                                                                                                             Menjadi                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Kunci  A                                                           Kunci  A  versi  3  senar

Begitu  seterus  nya  untuk  kunci – kunci  yang  lain,  intinya  hanya  bermain  di  senar  1, 2, 3    memetik  dan  menekan  kunci  hanya  di tiga  senar  terbawah.  Untuk  kunci – kunci  yang  memang  sudah  ditiga  senar  bawah seperti  D      berarti  tidak  ada  perubahan  dalam  menekan  kuncinya  dan  memetiknyapun  ditiga  senar  itu  saja.
Intinya  saya  hanya  ingin  bermain  gitar,  tetapi     gitar  saya  fals  untuk  digenjreng   dan  skill  saya  payah,  jadi  saya  mencari  cara  gampangnya  saja.  Entah  bisa  diterima  dunia  internasional  atau  memang  sudah  ada  sebelumnya  yang m enemukan  dan  memainkannya       yang penting  saya  cukup  senang  dengan  permainan  saya  dan  hanya  sekedar  memuaskan  nafsu  bergitar  saja.  Cheers  
Pada bagian belakang gitar saya tertulis " Blessed By; George Harrison(The Beatles), Tony Iomi(Black Sabbath), Jonny Greenwood(Radiohead), Nick Valensi(The Strokes). Mereka gitaris favorit saya    mudah - mudahan skillnya menular kej jari- jari  ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar