Powered By Blogger

Minggu, 08 Mei 2011

radiohead


Radiohead, taulah kalian tentang grup band asal inggris yang satu ini. Radiohead udah cukup lama malang melintang di dunia musik internasional, menurut wikipedia indonesia radiohead berasal dari Abingdon, Oxfordshire, Inggris. Band ini terbentuk atau udah terkumpul dari tahun 1985, bahkan saya belum lahir(tepatnya 5 tahun setelah mereka terbentuk baru saya terbentuk). Radiohead dihidupi oleh lima orang yang menurut saya hebat dan genius musik, mereka adalah Thom Yorke(7 October 1968);berperan sebagai gitar rhytm dan lead vokal, Edward O'brien(15 april 1968);berperan sebagai pemain gitar,instrumen tambahan lainnya dan backing vokal, Collin Greenwood(26 juni 1969);berperan sebagai pemain bass dan instrumen tambahan lainya, Phil Selway(23 mei 1967);berperan sebagai pemain drum dan instrumen tambahan lainnya, Jonny Greenwood(5 November 1971);berperan sebagai pemain gitar, keyboard, modular synthesizer, Ondes Martenot, glockenspiel, dan lain-lain.
Saya pertama kali mendengar musik radiohead sekitar tahun 2000 masih ingat waktu itu album pablo honey yang rilis sekitar tahun 1993,


memang saangat terlambat, rilis tahun 1993 tapi saya baru dengar sekitar tahun 2000. Waktu itu saya masih kelas 5 Sekolah Dasar, hari sudah menjelang tengah malam tapi saya masih terjaga dan dalam kondisi fisik drop karena gejala tifus. Obat dari dokter pun tidak memberi efek kantuk, dari kamar disebelah kamar saya yang tak lain kamar kaka' laki-laki saya terdengar alunan musik yang menarik perhatian saya memang diputar agak keras saat itu dan membuat perasaan saya yang sedang drop karena sakit jadi seperti mengambang diayun lagu creep dari radiohead. Kepala yang terlalu ringan badan agak kedinginan tapi saya begitu menikmati lagu creep dan terlebih lagi saat bagian reff terakhir "she's running out the door, she runnnnnnnn. she's running out, she run run run runnn...." sial itu merupakan the best part dari lagu creep menurut saya. Perasaan diayun mengambang dalam hati berkata "saya bisa mati karena seperti terbawa terbang keatas, sampai alam baka mungkin nanti". Track creep habis, dalam hati berbisik "ayo putar lagi, kalau kita saudara pasti anda akan memutar lagi" dan benar saja, suara tape berhenti sejenak da setelah itu intro lagu creep terdengar. Saya menikmati terlebih the best part yang tadi sudah saya ceritakan, setelah the best part itu saya seperti terbawa entah kemana tidak ingat lagi dan terbangun saat matahari diarah pukul sembilan. Setelah kejadian malam itu saya langsung menobatkan CREEP sebagai lagu berbahasa inggris pertama yang saya suka. Mulailah bernyanyi-nyanyi kecil yang tak jelas lyricnya hanya asal komat-kamit saja sambil mencuri dengar dari kamar sebelah setiap lagu creep diputar. Pengalaman mendengar pertama kali Radiohead, tak terlupakan dan menyenangkan.
Tapi beberapa minggu setelah kejadian itu, kuping saya teralihkan dengan musik-musik lain yang lebih merakyat atau yang saat itu sedang sering-seringnya diputar dimana-mana di TV, departemen store, bahkan dinyanyikan teman-teman disekolah. Saya tidak kuat dan menyerah mengikuti alus musik saat itu.
Lama berselang bertahun-tahun akhirnya selera saya kembali kepada 'cinta pertama' radiohead, tepatnya pada saat saya sudah kuliah dan sudah jengah dengan musik-musik pasaran melo melayu khas indonesia-malaysia yang gencar diputar di TV swasta setiap pagi hari. Saya kembali mencari-cari radiohead, laci tempat penyimpanan kaset digeledah tapi yang ditemukan hanya sebagian artefak PABLO HONEY, THE BENDS dan album live konser radiohead di Utrech. Artefak seadanya diputar di tape suaranya sudah agak aneh ditambah kuping saya harus kembali beradaptasi dengan karya radiohead. Album Pablohoney yang paling parah kualitas suaranya, lagu creep terdengar melenpem karena kaset tape sudah usang dan pita sudah kering bahkan luntur. Mengecewakan. Tapi untunganya untuk album live Utrech masih lumayan, dan track no surprises seperti doktrin dalam kepala yang menghipnotis. No Surprises saya nobatkan sebagai lagu penenang jiwa nada, irama, suara glockenspiel " gila, perfect". Ditambah lyric "no alarm and no surprises, no alarm and no surprises, get me out here, get me out here".
Sempat bingung, berpikir dari mana mendapatkan album-album; PABLO HONEY(1993), THE BENDS(199), OK COMPUTER(1997). Akhirnya terlintas download via internet dan mulailah mengumpulkan artefak-artefak radiohead dari album-album itu dan disusul album-album KID A(2000), AMNESIAC(2001), HAIL TO THE THIEF(2003), IN RAINBOWS(2007) sampai akhirnya THE KING OF LIMBS(2011).
Suara Thom Yorke dkk kembali terdengar dikamar ini, terlebih suara Gitar Jonny Greenwood yang suaranya elegan dan suara-suara instrumen lain yang dimainkan. Jonny Greenwood yang tak lain adik dari Collin Greenwood yang juga pemain bass radiohead memang tokoh favorit saya didalam radiohead, gayanya misterius dominan selalu menunduk saat memainkan gitar diatas panggung dan terlihat sangat menikmati permainannya dan hasil suara fender telecaster-nya. Dan jangan dilupakan pula alunan glockenspiel saat memainkan no surprises dipadupadankan dengan permainan gitar ed o'brien no surprises sangat menyenangkan sekali tidak pernah membosakan.


Album Pablo honey mulai diputar, track pertammulai dari YOU dan setelah itu tentu saja CREEP lagu yang legendaris menurut saya. Menikmati lagu CREEP dengan mematikan lampu kamar sambil terkapar dilantai yang dingin bermaksud menemukan feel yang pas cocok dan menyatu dengan alunan CREEP. Damn !! the best part, sing along with thom yorke dengan volume yang cukup untuk memisahkan kamar dengan dunia luar. Setelah itu berlanjut track demi track mengalun meskipun tidak seratus persen mampu menerjemahkan lyric bahasa inggris ke bahasa Indonesia. Sampai di track anyone can play guitar, ini salah satu lagu favorit juga. “ Grow my hair, grow my hair iam Jim Morrison, grow my hair I wanna be, wanna be Jim Morrison…I wanna be in band when I get to heaven, anyone can play guitar and they won’t be nothing anymore”. Lyric yang unik, Thom yorke bilang ingin menjadi Jim Morrison, superstar yang ingin menjadi superstar lainnya tapi harus diakui meskipun jalan hidupnya tragis, Jim Morrison tetap saja kharismatik. Aku ingin punya band ketika telah disurga, come on Thom anda sudah punya band besar nan hebat meskipun masih didunia. Tiap orang yang bisa bermain gitar mereka tidak ingin lagi menjadi apapun, benar saja jika bias bermain gitar lalu punya band sekelas RADIOHEAD, saya juga sependapat dengan anda Mr. Yorke.

Bergilir memilih track-track album lain dan yang terbaik menurut saya yaitu OK Computer, bayangkan saja lagu Airbag, Paranoid android, No surprises, Let down, Karma Police dan lagu-lagu lannya yang berpotensi menjadi hits, bukti mereka tidak tanggung-tanggung berkarya dan tidak takut dikemudian hari mereka tidak bisa membuat hits dengan mengeluarkan semua tanpa menyimpan lagu-lagu terbaiknya.

Seiring dengan perkembagan imajinasi para personel, mereka seperti berekspolrasi di album berikutnya KID A. dengan memasukan bahkan memainkan unsur elektro dan masih dengan suasana gelap cenderung misterius. Saya merasa terlalu berat saat mendengar KID A, jujur saya kurang setuju dengan mereka yang agak berubah haluan menjadi lebih dominant elektro dengan instrument yang masih asing dikuping. Tapi mereka tetap membuat musik yang sangat kental unsur Radiohead. Album berikutnya Amnesiac pun tak jauh berbeda dengan KID A eksplorasi yang menurut saya berat bagi kuping saya. Berikutnya Hail to the thief, saya menyukai single there there dengan klip video yang unik dan bagus menurut saya dan jangan dilupakan track 2+2=5, salah satu lagu terkeren di album ini jangan ketinggalan A WOLF AT THE DOOR. Akhirnya tahun 2007 munculah In Rainbow album Radiohead yang free download, saya menyukai album ini. Single Jigsaw falling into place, hebat menurut saya. Paduan duo Jonny dan O’brien dengan suara gitar yang unik. Begitu pula dengan Bodysnatchers, bagus kemudian diikuti dengan track yang lain yang lebih slow dan bisa menyeret saya ke alam mimpi. Selanjutnya The King of Limbs, rilis 2011. eksplorasi tak jauh berbeda dengan sebelumnya elektro dengan efek suara luar biasa, single Lotus Flowers menjadi trending topic di twitter, begitu pula dengan tarian thom yorke nya.

Nah tu yang paling kanan siapa dah?..

Saya masih menyukai RADIOHEAD sampai sekarang meskipun eksplorasinya kadang terlalu berat bagi kuping ini, tapi sudah banyak juga lagu-lagu mereka yang sudah melekat di kuping kemudian ke otak dan menjalar ke hati. Dan tak lupa kaos RADIOHEAD hitam dengan logo ‘r’ turunan kaka’ saya yang sampai sekarang sudah lusuh tapi terlihat makin keluar feel-nya masih setia saya pakai dengan bangga.
Ini dia :



Sekilas tentang perkenalan saya dengan salah satu band yang akan menjadi sejarah dizaman anak saya nanti. Saya cukup beruntung mendengar RADIOHEAD dan menobatkan mereka menjadi salah satu favorit band. Band besar yang tidak terlihat keartisannya, cenderung sederhana dan agak pemalu mungkin. Jangan cepat bubar dan jangan sampai bubar, saya pasti menjadi salah satu orang yang kecewa dari ribuan fans RADIOHEAD didunia, jika mereka bubar atau pension bermusik dan pesan saya untuk para promotor konser Indonesia terlebih khusus pada om Adrie Subono untuk mendatangkan RADIOHEAD sebelum sesuatu yang tak diinginkan terjadi pada mereka. Please datangkan mereka, datangkan RADIOHEAD ke Indonesia saya piker semua fans se-indonesia pun sangat mengharapkan mereka. Come on give me(us) my RADIOHEAD. Amin
Cheers…..

1 komentar:

  1. Postingan yang keren, gan! :D
    Salam kenal ya, saya juga merupakan penggemar Radiohead.
    Di album Kid A memang terasa sangat berbeda dengan album-album Radiohead sebelumnya, but I think this album still awesome as fuck.
    Everything In Its Right Place, Idioteque, The National Anthem merupakan track favorit saya di album Kid A.

    Salam Radioheaddict! :D

    BalasHapus